Download Peta Kota Makassar Sulawesi Selatan (Offline)


Pernah tersesat?

Pernah dapat alamat palsu?

Pernah ketemu Ayu Ting-ting?

Pernah pacaran? Berapa lama jomblo? #JLEBB

Sebagai makhluk yang baru saja datang ke kota besar, menurut tips dari beberapa mbah dukun, jangan tunjukkin ke orang-orang setempat tentang ke-kampung-an kita. Soalnya beberapa perampok atau penculik biasanya lebih suka beraksi pada orang-orang lugu yang baru datang ke kota besar. Misalnya kalo pas baru turun dari kapal, langsung ada yang nanya tempat tinggal, kita harus bisa jawab dengan tepat dan lengkap. Soalnya ada beberapa tempat yang sama nama depannya tapi beda di belakang. Seperti di Makassar ada BTN. Hartaco Indah dan BTN. Hartaco Jaya. 


Orang asing : Tinggal di mana, mas?
Sutomo : Di Hartaco...
Orang asing : Hartaco apa?
Sutomo : Ya, Hartaco... Pokoknya daerah yang namanya Hartaco itu tempat tinggal saya.
Orang asing : *bersiap merampok*

Dalam kasus lain, sebagai penghuni baru di kota besar (udah gitu ga punya KTP), kita pasti kalang kabut kalo misalnya disuruh ke suatu tempat. Misalnya dosen nyuruh ke rumahnya buat ngambil hasil ujian atau calon pacar nyuruh jemput dia di lampu merah, dan kita cuma di sms-in alamatnya doank. Syukur-syukur kalo ada yang punya gadget canggih dengan fitur peta. Kalo ga punya? Otomatis kan harus nanya-nanya ama orang, secara kita baru tujuh jam di kota itu. Saya berani jamin deh, sedikit banget orang yang mau rela ke warnet buat buka peta di internet seperti Google Maps atau Yahoo Maps.

Karena beberapa teman saya mulai banyak yang tersesat dan tak tahu arah jalan pulang (aku tanpamu butiran debu), maka saya kepikiran buat berbagi peta sebagai sesama mahasiswa yang merantau di kota besar. Karena saya berdomisili di kota Makassar, makanya saya cuma punya peta kota Makassar, Sulawesi Selatan. Iya donk, ngapain punya peta Somalia kalo ga ada niat ke sana?


Kalo biasanya mau lihat peta di Google Maps atau Yahoo Maps kita harus terhubung dengan internet, sekarang saya mau berbagi peta yang bisa dibuka kapan saja tanpa koneksi internet. Yang dibutuhkan cuma perangkat komputer. Saya menemui banyak kesulitan dalam menyimpan peta ini. Sebelumnya saya pernah berhasil nyimpan peta dengan ukuran 3.000 x 8.000 pixel dalam bentuk file gambar pake Mozilla Firefox ama Screengrab. Nah, kali ini petanya saya perbesar lagi menjadi 13.000 x 10.000 pixel dan entah kenapa ga bisa disimpan (capture) ama Screengrab. Udah saya coba pake browser lain seperti Flock, Internet Explorer, Google Chrome dengan extensions screen capture standar tapi tetap aja ga bisa. Mungkin karena ukuran petanya terlalu besar. Kalo ada yang bisa nyimpan halaman web dalam bentuk file gambar untuk ukuran 10 ribu pixel ke atas, bagi-bagi ilmunya ya...

Jadi, saya cuma bisa nyimpan petanya dalam format html. Untuk bisa melihat/membuka file ini, dibutuhkan aplikasi browser internet seperti Mozilla Firefox, Opera, Safari, dll. Tapi saya sarankan pake browser Google Chrome. Ga tau apa itu format file .html? Cari di google sendiri deh... *soalnyasayajugagaktahu*

Berikut beberapa panduan dari saya mulai dari ekstrak file sampe jadi peta. Bagi yang udah tau ekstrak file dari WinRar, ga usah baca bagian yang ini. Langsung aja download. :) 1. Download file (format WinRar, size : 3,7 MB) petanya atau gambar kota Makassar, Sulawesi Selatan di sini 2. Ekstrak filenya di komputer anda. Caranya klik kanan, pilih dan klik Extract files...


3. Terus akan muncul dialog box Extraction path and options. Pilih di bagian mana filenya akan di ekstrak. Di gambar saya nge-ekstrak filenya ke drive (D).

Filenya udah di ekstrak - Peta Makassar (html)

4. Buka folder Peta Makassar (html). Setelah dibuka, ada folder mkssar_files dan file mkssar. Sebaiknya folder mkssar_files jangan di otak-atik apalagi dihapus. Sembunyikan foldernya bila perlu. Ingat, keduanya harus berada di tempat yang sama. Artinya, jangan memindahkan salah satunya ke tempat lain. Kalau mau memindahkan, pindahkan semuanya ke tempat lain.


5. Buka file mkssar dengan cara double klik atau dengan klik kanan, pilih dan klik open with..., lalu pilih Google Chrome. Catatan : Google Chrome bisa juga diganti dengan Mozilla atau browser lainnya.


6. Setelah itu petanya akan muncul di browser Google Chrome. Agak sedikit lama proses loadingnya. Tapi ini bukan karena koneksi internet sedang jelek. Matikan koneksi internet bila perlu. File ini bisa dibuka kapan saja tanpa bergantung pada koneksi internet. Untuk lebih bagusnya, tekan tombol F11 untuk tampilan layar penuh (full screen). Tekan F11 lagi untuk mengembalikan layar seperti semula. 

klik gambar untuk perbesar

Peta ini diambil dari Google Maps. Bagi yang udah bisa nyimpan peta dalam bentuk gambar dengan ukuran yang besar, jangan lupa bagi-bagi ilmunya! Semoga peta ini bermanfaat bagi yang membutuhkan walau ga terlalu lengkap. Jangan berharap di peta ini loe bisa liat pacar loe lagi mandi. :)

Catatan : Untuk download, diharuskan mendaftar di situs 4shared. Jadi yang belum daftar, daftar dulu. Cuma sebentar doank, ga seribet ngurus KTP di Makassar. :)

Related Posts

3 comments